5 Cara Memilih dan Memasang Genset



Ketergantungan kita pada tenaga listrik semakin lama semakin tinggi. Kulkas, AC, TV, komputer, pompa air adalah benda-benda vital di dalam rumah yang sumber dayanya berasal dari listrik. Sayangnya, dari mulai listrik ada di Indonesia sampai sekarang ini, kondisi ‘mati lampu’ masih saja sering terjadi karena pelbagai sebab. Oleh karena itu genset sebagai sumber daya alternatif di kota-kota besar mau tak mau kini juga menjadi semakin penting, baik untuk perkantoran maupun rumah tinggal.  Ada beberapa hal yang perlu di perhatikan ketika kita akan memilih dan memasang Genset. Berikut ini kami sampaikan beberapa tips:

5 Cara Memilih dan Memasang Genset

1. Hitunglah kebutuhan listrik yang akan dipergunakan. Anda juga bisa melihat kapasitas daya listrik yang terpasang di rumah. Misalnya 1300 watt. Artinya beban pemakaian listrik di rumah Anda tidak lebih dari angka itu.

2. Belilah genset dengan daya sedikit di atas beban pemakaian di rumah Anda. Misalnya 1300 watt, berarti Anda beli genset dengan output di atas angka tersebut. Lihat spesifikasi genset secara mendetail.  Jangan tertipu hanya karena barang tersebut murah.

3. Carilah genset yang menggunakan bahan bakar bensin karena lebih mudah dicari dan menghasilkan suara yang agak halus.

4. Pasang switcher untuk mengaktifkan kapan daya listrik genset dipakai dan kapan lsitrik dari PLN dipakai

5. Tarulah genset di tempat yang aman tapi juga mudah dijangkau dan kalau bisa yang kedap suara (kini ada pula genset yang kedap suara)  agar tidak mengganggu  Anda ataupun tetangga Anda dan jaukan dari jangkauan anak-anak.

FacebookGoogle+TwitterEmail
Tagged genset, listrik. Bookmark the permalink.

Comments are closed.