KPU Gandeng BPPT untuk Sistem Teknologi Pemilu



Komisi Pemilihan Umum (KPU) menandatangani nota kesepahaman dengan Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi (BPPT) mengenai pemanfaatan ilmu pengetahuan dan teknologi untuk menunjung sistem Pemilu. Kerja sama ini diharapkan bisa membuat sistem pemilihan umum berbasis teknologi yang memadai.

Menurut Husni Kamil Manik, Ketua KPU, teknologi merupakan sebuah keniscayaan yang perlu dimanfaatkan untuk menunjang penyelenggaraan pemilihan umum yang lebih berkualitas. Dengan teknologi, pemilu akan terselenggara dengan lebih mudah, efektif, efisien, dan terkelola baik.

Kesepakatan ini akan ditindaklanjuti dalam bentuk dukungan tenaga ahli, pertukaran informasi, pemanfaatan sarana-prasarana dan pendidikan dan pelatihan sumber daya manusia. Menurut Husni, pengelolaan, perawatan, pemanfaatan, dan pengendalian teknologi membutuhkan sumber daya manusia yang andal.

teknologi pemilu

Pemilu membutuhkan teknologi mumpuni. (foto: aceproject)

Masih menurut Ketua KPU itu, akurasi data dalam segala hal merupakan kata kunci untuk mewujudkan penyelenggaraan pemilihan umum yang berkualitas. Efek akurasi itu, kepercayaan publik terhadap penyelenggara dan penyelenggaraan pemilu akan tumbuh sehinggga akan mendorong peningkatan partisipasi masyarakat dalam pesta demokrasi tersebut.

Kepala BPPT, Marzan A. Iskandar, mengatakan pihaknya sudah memberikan dukungan teknologi kepada KPU dalam dua kali penyelenggaraan pemilu. Pada tahun 2010, BPPT sudah melakukan kajian, sosialisasi, dan rekomendasi teknis untuk pelaksanaan pemilihan umum secara elektronik.

Keputusan Mahkamah Konstitusi No. 147/PUU-VII/2009 mengizinkan metode e-voting dengan beberapa syarat kumulatif. Keputusan tersebut memberi ruang pemanfaatan teknologi dalam pelaksanaan pemilu secara menyeluruh.

Marzan menyatakan harapannya akan pengunaan teknologi informasi dalam seluruh tahapan pemilu di masa depan sehingga tercipta manajemen pemilu yang berkualitas dan inovatif. Dengan teknologi informasi, menurutnya, berbagai kerumitan seputar persoalan penyelenggaraan pemilu dapat dikurangi. BPPT siap membantu KPU dalam membangun sistem informasi pemilu yang baku demi peningkatan kepercayaan publik terhadap penyelenggaraan pemilu.

FacebookGoogle+TwitterEmail
Tagged bppt, informasi, kpu, pemilu, teknologi. Bookmark the permalink.

Comments are closed.